Selamat datang di laman resmi desa Sumput Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo -- selengkapnya...  

KKN Regular Covid-19 oleh Kelompok 27 UPN “Veteran” Jawa Timur di Desa Sumput, Sidoarjo

KKN UPN Jatim | 30 Juli 2020 16:33:02 | Berita Desa | 37 Kali

Kuliah Kerja Nyata UPN “Veteran” Jatim kali ini diadakan beriringan dengan adanya pandemi Covid-19 yang selanjutnya diberi nama KKN Regular Covid-19. Kegiatan ini dilakukan secara daring (dalam jaringan) dan sebisa mungkin meminimalisir kegiatan yang akan memunculkan klaster baru covid-19. Di buka tgl 9 Juli 2020 secara daring oleh rektor dan wakil gubernur Jawa Timur.

KKN Kelompok 27 yang mendapat lokasi di Desa Sumput, Sidoarjo. Di buka secara simbolis tgl 10 Juli 2020 di Balai Desa Sumput oleh Kepala Desa Bapak H. Kausar, S.H. yang juga dihadiri oleh ketua BPD Desa Sumput. Desa Sumput yang terkenal dengan usaha pijat Sangkal Putung menginisiasi kami untuk membantu mempromosikannya di tengah pandemi covid-19 ini melalui platform blogspot dan facebook.

Tidak dipungkiri bahwa hampir seluruh masyarakat terdampak oleh covid-19 ini. Oleh karena itu, program kerja yang kami lakukan juga mengarah ke bagaimana cara atau upaya masyarakat dalam menghadapi pandemic covid-19 ini. Salah satu cara penyampaian program kerja kami yaitu dengan mengadakan sosialisasi langsung kepada Ibu kader Desa Sumput dengan harapan, apa yang kami sampaikan dapat diterapkan dan seperti bola salju dimana informasi akan terus bergulir dari satu warga ke warga yang lain. Sosialisasi dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan hanya mengundang kurang dari 10 kader.

Sosialisasi dimulai dengan materi mengenai pola hidup sehat dengan gizi seimbang dan pentingnya imunisasi di saat Covid-19, serta mengenai adaptasi kehidupan baru atau New Normal. Di lanjutkan materi mengenai kewirausahaan yaitu bagaimana cara memulai usaha rumahan dan pemasarannya melalui e-commerce seperti shopee dan tokopedia. Lalu, materi mengenai Aquaponik sederhana dengan Budidamber (budi daya ikan dalam ember) dan handsanitizer dengan bahan alami yaitu serai, sirih, daun jeruk purut, lidah buaya, dan jeruk nipis. Serta pembuatan westafel sistem Injak dengan bahan yang mudah di dapat dan dengan biaya murah, yang diharapkan juga dapat menjadi peluang usaha warga Sumput di tengah pandemi Covid-19 ini.

Pendidikan juga menjadi sasaran kami yaitu pemberian perpustakaan online dengan memberikan link Google Drive https://drive.google.com/drive/folders/1LC8aBAZBDL5tm28BUIDC5i8NhBGedmt6?usp=sharing  kepada pihak sekolah yang nantinya akan disebarkan kepada muridnya. Selain itu, pembuatan video edukasi animasi “Teman Bumi” serta video animasi “New Normal” yang di publikasi melalui channel youtube kami agar dapat diakses tidak hanya oleh warga sumput tapi juga seluruh masyarakat. Berikut adalah link channel youtube KKN27 DESA SUMPUT UPN VETERAN JAWA TIMUR https://www.youtube.com/channel/UCU4ozEvoMmh1xK8o_NxsGww

Kegiatan Sosial yaitu pembagian sembako, pembagian masker, pembagian handsanitizer kami lakukan dan diberikan kepada warga Desa Sumput. Pembuatan dan penyemprotan disinfektan juga kami lakukan. Selain itu, bertepatan dengan adanya pemberian nama jalan baru Desa Sumput, kami berinisiasi untuk membuat 5 plang nama jalan salah satunya sebagai bentuk kenang-kenangan kami atas adanya kegiatan KKN kami di Desa Sumput.

Penutupan KKN tepatnya tgl 24 Juli 2020 di balai Desa Sumput bertepatan dengan hadirnya Bu Camat Agustin Iriani, S.H. sehingga selain dihadiri Dosen Pembimbing Lapangan dan Kepala Desa Sumput, penutupan KKN dihadiri Bu Camat yang juga memberi sepatah dua patah kata atas kegiatan KKN Regular Covid-19 UPN “Veteran” Jawa Timur kelompok 27 di Desa Sumput, Sidoarjo.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Wilayah Desa

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Balai Desa No. 230
Desa : Sumput
Kecamatan : Sidoarjo
Kabupaten : Sidoarjo
Kodepos : 61228
Telepon : (031) 99700780
Email : info@sumput.desa.id

Aparatur Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Government Public Relations